3 Tips Dasar Membuat Foto Bokeh yang Perlu Kamu Tahu

Walaupun indah, foto bokeh rupanya tak semudah yang dikira. Perlu beberapa tips dan trik agar bisa menghasilkan foto yang bokeh. Terlepas apakah kamu mengambil fotonya pakai kamera pro ataupun ponsel.

Namun, kamu jangan khawatir. Di sini, kami akan kasih 3 tips dasar yang bisa kamu pakai. Terutama jika ingin menghasilkan foto yang bokeh.

bokeh 2

Ketiga tips itu bisa kamu simak di bawah ini seperti yang dikutip dari situs www.gentlemancode.id

Dekatkan Kamera dengan Subjek

Tips pertama yang mesti dilakukan adalah mendekatkan kamera dengan subjek yang hendak difoto. Cara ini bisa dilakukan baik saat memotret lewat kamera, ataupun ponsel single kamera

Lewat tips ini, subjek yang difoto akan terlihat jelas di kamera. Sementara background atau objek foto yang ada di sekitarnya akan terlihat lebih nge-blur. Hal itu tentu akan membuat hasil fotomu akan semakin bokeh.

Tips ini sangat cocok untuk memotret berbagai macam objek. Mulai dari makhluk hidup, sampai makanan ataupun benda.

Jauhkan Subjek dari Background

Kalau yang satu ini cocok untuk subjek berupa benda mati. Lewat tips ini, subjek foto akan terlihat jelas, dan background akan lebih nge-blu. Apalagi, jika jaraknya cukup jauh.

Pakai Aperture yang Besar

Tips yang terakhir ini sangat cocok untukmu yang memakai kamera DSLR. Guna menghasilkan foto yang bokeh, disarankan untuk memakai aperure yang besar.

Aperture yang besar punya Depth of Field (DoF) yang dangkal. Hal itu bikin kamera lebih fokus ke subjek. Dengan begitu, hasil foto pun jadi lebih bokeh.

Kelebihan Foto Bokeh

Mungkin kamu bertanya mengapa harus punya foto bokeh. Foto bokeh sendiri rupanya punya sejumlah kelebihan. Hal itulah alasan mengapa orang-orang mengincar foto bokeh.

Adapun kelebihan-kelebihan foto bokeh sendiri adalah:

Menonjolkan Subjek Foto

Foto bokeh punya kelebihan dari subjek fotonya. Foto semacam ini punya subjek foto yang menonjol. Hal itu bisa bikin kamu lebih fokus mengamati subjek foto yang ditampilkan.

Lebih Estetis

Selain lebih fokus ke subjek, foto bokeh juga terlihat lebih estetis. Hal itu tak lepas dari efek blur yang dihasilkan oleh foto bokeh.

Sebagaimana yang kamu tahu, foto bokeh tak hanya bikin subjek jadi lebih fokus. Tetapi, juga bikin background di sekitar subjek jadi lebih nge-blur. Hal itulah yang bikin foto bokeh jadi tampak lebih estetis.

Penutup

Membuat foto bokeh tidaklah semudah yang dibayangkan. Butuh tiga tips dasar untuk bisa melakukannya. Mulai dari mendekatkan kamera ke subjek, hingga memilih aperture yang tepat.

Ketiga tips dasar tersebut sudah kami sampaikan di atas. Semoga ketiga tips yang diberikan bisa dipraktekan, sehingga bikin kamu menghasilkan foto bokeh.

Sampai jumpa di artikel berikutnya, ya!

3 Tips Dasar Membuat Foto Bokeh yang Perlu Kamu Tahu | Anggie | 4.5