Inilah Bahaya Charger HP di Mobil Wajib Anda Tahu

Tahukah Anda bahaya charger Hp di mobil jika sering dilakukan? Hampir kebanyakan orang saat ini melakukan pengisian ulang Hp nya di mobil. Alasan lebih praktis dan tetap bisa menggunakan Hp meski sedang berkendara menjadi penyebab dilakukannya hal tersebut. Memang hal tersebut sudah banyak dilakukan. Namun, tidak semua oang tahu betapa bahayanya mengisi baterai Hp di mobil.

charger-hp-di-mobil

Secara umum, pengisian baterai Hp di mobil dilakukan dengan penggunaan alat pemantik api atau yang dikenal dengan sebutan Lighter. Lighter ini akan menjadi alat untuk menghubungkan arus listrik ke Hp Anda pada saat pengisian baterai dilakukan. Memang tidak semua mobil tersedia Lighter, namun alat tersebut sudah banyak dijual di toko-toko aksesoris otomotif.

Dibalik penggunaan alat untuk mengisi baterai tersebut, tersimpan bahaya yang mengancam bagi Anda pemilik Hp. Bahaya ini muncul dari power output yang berasal dari Lighter yang bisa mengurangi masa pakai baterai Hp Anda. Hal ini dikarenakan tegangan arus listrik mobil yang tidak stabil membuat pengisian baterai pun tidak bisa dilakukan secara maksimal.

Arus listrik mobil ini juga menjadi penyebab daya baterai menjadi cepat habis. Karena putaran mesin yang terus menerus, mesin mobil yang yang tidak selalu hidup, dan sistem kelistrikan mobil yang dibagi ke penyaluran listrik AC, Lampu-lampu, hingga audio, pengisian baterai melalui Lighter di mobil pun akan menyebabkan baterai berkurang masa pakainya. Berkurangnya masa pakai baterai Hp dipengaruhi oleh tegangan output yang dialirkan oleh alternator.

bahaya charger Hp di mobil lainnya yang juga bisa merugikan Anda adalah menggembungnya baterai yang Anda gunakan. Penggembungan baterai Hp Anda tentu mengharuskan Anda untuk mengganti Hp, karena jika tidak, resiko baterai Hp meledak bisa saja terjadi.

Bagi Anda yang sudah terlanjur men-charger Hp di mobil, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai langkah untuk mengantisipasi resiko buruk terjadi. Ketika melakukan pengisian baterai Hp di mobil usahakan menjauhkan Hp dari benda yang mudah terbakar, seperti kertas, tisu, atau benda-benda mudah terbakar yang biasa ada di mobil.

Usahakan Anda menggunakan baterai Hp sesuai standar Hp tersebut. Akan lebih baik jika Anda menggunakan baterai dari pabrikan asli Hp tersebut. Selain itu, segera hentikan pengisian baterai Hp ketika men-charger-nya di mobil jika Hp menjadi panas.

Hindari juga penggunaan Hp ketika sedang mengisi baterai Hp tersebut, seperti melakukan panggilan, menerima panggilan. Lepas charger jika Anda terdesak untuk menggunakan Hp Anda. Terakhir, bahaya charger Hp di mobil juga bisa Anda hindari dengan menjauhkan Hp dari sinar matahari langsung atau sumber panas lain ketika pengisian.

Itulah informasi mengenai bahaya melakukan pengisian di mobil yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Inilah Bahaya Charger HP di Mobil Wajib Anda Tahu | Yanti Adriyanti | 4.5