Cara Filter dan Proteksi Youtube Untuk Anak-anak

Cara Filter dan Proteksi Youtube Untuk Anak-anak – Tidak bisa dipungkiri lagi, popularitas layanan berbagi video Youtube, di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Youtube tak hanya populer di kalangan orang dewasa, namun juga anak-anak. Tentu hal tersebut akan membuat kekawatiran tersendiri bagi para orang tua yang punya buat hati yang masih di bawah umur.

Pasalnya di Youtube sendiri banyak terdapat konten-konten dewasa yang kurang tepat dikonsumsi oleh anak di bawah umur. Jika anda hobi mengakses Youtube pasti sesekali pernah menemukan konten berupa video yang rasanya kurang pantas untuk ditonton. Karena itu orang tua harus lebih meningkatkan pengawasan terhadap si buah hati yang suka mengakses Youtube. Akan tetapi tentu orang tua tidak bisa melakukan pengawasan setiap saat.

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan oleh orang tua agar anak-anak tidak mengakses video yang kurang pantas di Youtube adalah dengan melakukan proteksi. Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar anak-anak atau si buah hati aman dalam menonton konten video di Youtube.

tips-aman-nonton-youtube-buat-anak-anak1. Aktifkan Mode Terbatas

Perlu anda tahu bahwa Youtube telah menyediakan fitur mode terbatas agar video-video yang tidak pantas menjadi dibatasi dan tidak bisa ditonton oleh anak-anak. Cara mengaktifkannya sangat mudah. Tinggal masuk ke menu Setting Youtube, lalu aktifkan Mode Terbatas. Secara otomatis konten video yang tidak pantas ditonton akan disembunyikan.

2. Buat Playlist Video

Cara kedua agar video Youtube aman ditonton oleh anak-anak adalah dengan membuatkan sebuah playlist yang berisi video khusus anak. Dengan begitu anak akan lebih nyaman memilih video-video yang memang sesuai dengan usianya. Membuat playlist video juga akan mengurangi keinginan anak untuk mencari video lain di luar playlist.

3. Nonton Secara Offline

Anda juga bisa mendownload video Youtube terlebih dahulu sehingga bisa diputar secara offline. Dengan begitu si buah hati tidak bisa mengakses video lain jika koneksi internet dimatikan. Youtube sendiri sudah menyediakan fitur untuk menonton video secara offline. Silahakn manfaatkan fitur tersebut agar anak aman menonton video Youtube.

4. Buat Akun Khusus Anak

Jika anda menonton video tertentu di Youtube, maka video sejenisnya akan muncul di beranda. Hal tersebut tentu akan sangat berbahaya bagi anak, jika video yang anda tonton kurang pantas dilihat oleh anak-anak. Karena itu buatkan akun sendiri untuk anak, agar video yang muncul di home memang khusus untuk anak-anak.

Nah, itulah tadi beberapa Cara Proteksi Youtube Untuk Anak-anak. Sekedar info saja bahwa saat ini sudah ada aplikasi Youtube Kids yang memang dirancang untuk anak-anak. Namun sayangnya aplikasi tersebut belum bisa digunakan di Indonesia saat ini. Kita tunggu saja waktu yang akan datang.

Incoming search terms:

  • cara proteksi youtube
  • Cara proteksi video youtube
  • mode terbatas pada aplikasi youtube 4 5
Cara Filter dan Proteksi Youtube Untuk Anak-anak | Irfan Wahyu Permana | 4.5