Cara Efektif Menghemat RAM di HP Android

Cara Efektif Menghemat RAM di HP Android – Random Access Memory alias RAM merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam sebuah smartphone Android. RAM sendiri memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara waktu. RAM juga bertugas sebagai buffer prosesor.

Semakin besar RAM yang dimiliki oleh sebuah smartphone, maka semakin cepat pula performa smartphone tersebut. Biasanya kita mengeluhkan smartphone Android yang lelet atau lemot saat digunakan, utamanya ketika menjalankan banyak aplikasi. Masalah tersebut bisa disebabkan karena kecilnya kapasitas RAM atau free RAM yang tersisa sangat kecil. Tak seperti di komputer PC, kita tidak bisa menambah kapasitas fisik RAM di smartphone.

Bagi anda yang punya smartphone Android dengan RAM kecil tak perlu kawatir, karena masih ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk menghemat RAM sehingga kinerjanya menjadi lebih baik dan smartphone anda tidak lemot. Setidaknya ada 3 cara yang bisa anda lakukan untuk menghemat RAM, seperti berikut ini.Cara Efektif Menghemat RAM di HP Android1. Periksa Free RAM dan Aplikasi yang Berjalan di Background

Smartphone Android yang lemot bisa disebabkan karena sisa free RAM yang minim dan banyaknya aplikasi yang berjalan di background. Anda bisa memeriksanya melalui menu Settings, App Manager, App Runing. Biasanya di situ tertera aplikasi apa saja yang sedang berjalan dan berapa kapasitas RAM yang terpakai dan tersisa.

Jika kapasitas free RAM kurang dari 150 MB, kemungkinan besar hal tersebut yang menyebabkan smartphone Android anda lemot. Solusi atau cara untuk mengatasinya adalah dengan memilih aplikasi mana saja yang sekiranya tidak penting dan tidak terpakai untuk diclose.

2. Matikan Setiap Animasi dan Transisi yang Ada

Mayoritas smartphone Android dilengkapi dengan animasi-animasi dan transisi yang keren untuk mempercantik tampilan. Hal tersebut memanglah menarik, namun konsekuensinya adalah RAM akan menjadi cepat habis dan smartphone Android anda menjadi lebih lemot.

Solusinya adalah dengan mematikan semua animasi dan transisi tersebut melalui menu Settings. Silahkan masuk ke menu Settings, lalu pilih Developer. Hilangkan semua centang pada Window animation scale, Transition animation scale, dan juga Animation duration scale.

3. Hindari Menggunakan Live Wallpaper dan Widget Berlebih

Cara terakhir yang cukup efektif untuk menghemat RAM di smartphone Android adalah dengan menghindari penggunaan live wallpaper dan widget yang berlebih. Sadar atau tidak, dua elemen tersebut ternyata membuat kapasitas free RAM cepat habis sehingga smartphone menjadi lemot.

Nah, lakukan 3 cara menghemat RAM di HP Android tadi untuk menjaga performa smartphone Android anda tetap lancar. Jika cara tersebut masih belum efektif, anda bisa mencoba menggunakan bantuan aplikasi khusus seperti RAM Booster dan sebagainya. Anda juga bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang memang tidak terpakai untuk menghemat memori dan RAM.

Cara Efektif Menghemat RAM di HP Android | Irfan Wahyu Permana | 4.5